Pertumbuhan Konsumsi Masyarakat Bangka Belitung Tertinggi di Sumatera pada Kuartal III-2021

PDB
1
Viva Budy Kusnandar 11/11/2021 10:30 WIB
Pertumbuhan Konsumsi Rumah Tangga Secara Tahunan (YoY) di Sumatera (Kuartal III-2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pengeluaran konsumsi rumah tangga di Bangka Belitung tumbuh 3,69% secara tahunan (year on year/yoy) menjadi Rp 7,36 triliun pada kuartal III-2021. Pertumbuhan konsumsi rumah tangga itu menjadi yang paling tinggi dibandingkan provinsi lainnya di Sumatera.

Pengeluaran konsumsi rumah tangga di Bangka Belitung berkontribusi 63,8% terhadap produk domestik regional bruto (PDRB). Adapun, ekonomi Bangka Belitung tercatat tumbuh 6,11% (yoy) pada kuartal lalu, tertinggi di Sumatera.

Sumatera Utara berada di bawahnya dengan pertumbuhan pengeluaran konsumsi rumah tangga sebesar 3,26% (yoy) pada kuartal III-2021. Posisinya diikuti Aceh dan Sumatera Barat dengan peningkatan pengeluaran konsumsi rumah tangga masing-masing mencapai 3,04% (yoy) dan 3,02% (yoy).

Pengeluaran konsumsi rumah tangga di Riau tercatat tumbuh 2,74% (yoy). Di Jambi, pengeluaran konsumsi rumah tangga tumbuh 2,59% (yoy).

Sumatera Selatan dan Lampung memilki pertumbuhan pengeluaran konsumsi rumah tangga masing-masing sebesar 2,21% (yoy) dan 2,01% (yoy). Bengkulu juga mengalami pertumbuhan sebesar 0,58% (yoy). Sedangkan, pengeluaran konsumsi rumah tangga di Kepuluan Riau mengalami kontraksi 1,1% (yoy).

(Baca: Konsumsi Rumah Tangga Bali Terkontraksi pada Kuartal III-2021)

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.