Daftar Pohon Terbesar di Dunia, Ukurannya hingga 1.487 Meter Kubik

Materials
1
Vika Azkiya Dihni 11/11/2021 08:30 WIB
10 Pohon Terbesar di Dunia
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pohon menjadi bagian integral dari ekosistem di dunia. Sebab, pohon memiliki fungsi yang sangat penting, mulai dari pemasok oksigen hingga pengendali bencana alam.

Ada beragam jenis pohon di dunia, termasuk dengan volume batang yang sangat besar. General Sherman tercatat menjadi pohon terbesar di dunia. Volume batang dari pohon ini mencapai 1.487 meter kubik.

Pohon ini tumbuh menjulang di Taman Nasional Sequoia, California, Amerika Serikat. Tak hanya berukuran besar, pohon ini juga termasuk salah satu pohon tertua di dunia dengan usia sekitar 2.300-2.700 tahun.

Grogan’s Fault menduduki peringkat kedua sebagai pohon terbesar di dunia. Volume batang dari pohon yang terletak di Taman Nasional Redwood, AS ini mencapai 1.084,5 meter kubik.

Selanjutnya, Tanee Mahuta yang berada di Hutan Waipoua, Selandia Baru memiliki volume batang 516 meter kubik. Quinault Lake Redcedar berada di Washington, Amerika Serikat memiliki volume batang mencapai 500 meter kubik.

Cheewhat Giant merupakan pohon terbesar kelima dunia yang terletak di Taman Nasional Lingkar Pasifik, Kanada. Pohon ini memiliki volume batang mencapai 449 meter kubik.

Kemudian, dua pohon yang terletak di Tasmania, Australia yakni Rullah Longatyle  dan Two Towers memiliki volume batang masing-masing mencapai 368 meter kubik dan 358 meter kubik. Red Creek Fir yang terletak di Lembah San Juan, Kanada memiliki volume batang 349 meter kubik.

Queet Spruce yang terletak di Taman Nasional Olimpiade, Amerika Serikat punya volume batang sebesar 337 meter kubik. Ukuran serupa dimiliki oleh Gothmog yang terletak di Lembah Styx, Australia.

(Baca: Hyperion, Pohon Tertinggi di Dunia Lebih Menjulang dari Big Ben)

Data Populer
Lihat Semua