Indeks Kebebasan Manusia Indonesia Terbaik Kedua di Asia Tenggara

Demografi
1
Vika Azkiya Dihni 10/11/2021 13:40 WIB
Indeks Kebebasan Manusia di Asia Tenggara (2020)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Laporan Cato Institute menunjukkan, Indonesia memiliki skor indeks kebebasan manusia sebesar 7,07 poin pada 2020. Nilai itu menjadikan Indonesia berada di posisi kedua Asia Tenggara. Secara global, Indonesia menempati peringkat ke-68.

Posisi Indonesia di Asia Tenggara berada di bawah Singapura yang memiliki skor sebesar 8,21 poin. Sementara, Negeri Singa menempati peringkat 28 dalam indeks kebebasan manusia secara global tahun lalu.

Malaysia dan Filipina berada di bawah Indonesia dengan skor indeks kebebasan manusia sama-sama sebesar 6,9 poin. Setelahnya ada Timor Leste yang mengantongi skor indeks kebebasan manusia sebesar 6,89 poin.

Kemudian, Kamboja memiliki skor indeks kebebasan manusia sebesar 6,83 poin. Sementara, Thailand dan Vietnam punay skor indeks kebebasan manusia masing-masing sebesar 6,37 poin dan 6,25 poin.

Indeks kebebasan manusia terdiri dari dua kategori, yakni kebebasan pribadi dan kebebasan ekonomi. Kedua kategori tersebut kemudian digabungkan untuk membentuk skor akhir kebebasan manusia yang dibandingkan dengan negara lainnya. 

(Baca: Indeks Kemerdekaan Pers Indonesia Naik Tipis Jadi 76,02 pada 2021)

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.