Negara yang Paling Diincar Investor Setelah Pandemi, Indonesia Peringkat Berapa?

Ekonomi & Makro
1
Cindy Mutia Annur 25/10/2021 16:10 WIB
10 Negara yang Menarik Bagi Investor/Modal Ventura (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pandemi Covid-19 yang muncul pada awal 2020 menimbulkan kekhawatiran besar bagi banyak investor. Saat ini, ketika pandemi sudah mulai mereda, para investor mulai melirik negara-negara yang menarik untuk berinvestasi. 

Menurut laporan Venture Capital and Private Equity Country Attractiveness Index 2021, para investor paling tertarik berinvestasi di Amerika Serikat pasca-pandemi. Negara Paman Sam memperoleh skor indeks tertinggi, yaitu 100. 

Britania Raya berada di posisi berikutnya sebagai negara yang menarik bagi investor dengan skor indeks 90,3.  Jepang, Jerman, Kanada menyusul dengan masing-masing skor indeks 87,4, 87,3, dan 87,2.

Singapura menduduki peringkat keenam dengan skor indeks 85. Kemudian, Tiongkok di posisi selanjutnya dengan skor indeks 84,7. Australia, Korea Selatan, Prancis masing-masing memiliki skor indeks sebesar 84, 83,8, dan 83,6. Sementara itu, Indonesia menduduki peringkat ke-43 dengan skor indeks 57,8.

Indeks ini dirancang dan dielaborasi oleh Pusat Keuangan Internasional IESE Business School dan sekolah bisnis Emlyon dan EXapital. Indeks ini memeringkatkan 125 negara yang dianalisis dan diberi peringkat berdasarkan sejumlah pendorong utama, yakni aktivitas ekonomi, kedalaman pasar modal, perpajakan, perlindungan investor dan tata kelola perusahaan, lingkungan manusia dan sosial, serta budaya kewiraushaaan dan peluang kesepakatan.

(Baca: Siapa Investor dengan Portofolio Startup Unicorn Terbanyak?)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua