Riset: Mayoritas Masyarakat Pilih Kendaraan Pribadi Pasca-Pandemi Covid-19

Persentase Penggunaan Mode Transportasi Pasca-Pandemi Covid-19

Sumber : YouGov, September 2021

Disalin..

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Dimas Jarot Bayu

13/10/2021, 12.40 WIB

Riset YouGov bertajuk ‘International Automotive Report 2021’ menunjukkan, 83% masyarakat di dunia memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi selama 12 bulan ke depan. Hal tersebut melanjutkan tren yang memang telah berkembang sebelum dan saat pandemi virus corona Covid-19.

Pilihan menggunakan mobil pribadi terkait dengan perilaku menjaga jarak demi mencegah penularan corona. Selain itu, penggunaan kendaraan pribadi juga bertujuan memberikan keamanan ruang pribadi.

Riset ini juga menunjukkan bahwa sejumlah negara berkembang berniat untuk menggunakan kendaraan pribadi lebih sering di masa depan. Di Indonesia, misalnya, sebanyak 33% responden memilih lebih sering menggunakan kendaraan pribadi selama 12 bulan mendatang.

Selain kendaraan pribadi, sebanyak 70% responden secara global memilih untuk menggunakan transportasi publik. Ada pula responden yang memilih untuk menggunakan taksi, yakni 52%.

Sebanyak 45% responden memilih untuk menggunakan layanan berbagi tumpangan (ride hailing). Kemudian, 32% responden memilih menggunakan layanan mobil bersama (shared car service).

Adapun, riset ini dilakukan terhadap 19.000 responden dari 17 negara, termasuk Indonesia. Survei dilakukan secara real time dengan pembahasan topik mobilitas, transportasi, dan perilaku pembelian otomotif pada 8 Maret hingga 21 April 2021.

(Baca: Deretan Mobil Paling Cepat Sedunia, Kecepatannya Capai 508 Kmh)

data terkait