IKLAN

Riset: Pemulihan Bisnis Terdampak Covid-19 Indonesia Tercepat di Asia Tenggara

Tingkat Pemulihan Bisnis Terdampak Covid-19 di Asia Tenggara

Sumber : ADA , Oktober 2021

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Dimas Jarot Bayu

6/10/2021, 18.30 WIB

Hasil riset perusahaan data, ADA, bertajuk ‘Southeast Asia Recovery Index’ menunjukkan, pemulihan bisnis terdampak virus corona Covid-19 di Indonesia merupakan yang tercepat di Asia Tenggara. Berdasarkan data ADA, pemulihan bisnis di tanah air telah mencapai 91% pada awal Oktober 2021.

Chief Executive Officer ADA Srinivas Gattamneni mengatakan, mobilitas di Pulau Jawa lebih cepat pulih jika dibandingkan dengan pulau-pulau lain. Menurutnya, pengunjung gerai makanan dan minuman melonjak 110% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi. Selain itu, pengunjung mal diklaim sudah pulih sepenuhnya.

Riset itu juga menunjukkan, penggunaan aplikasi kebugaran naik mencapai 140%. Namun, terjadi penurunan penggunaan aplikasi bisnis dan produktivitas hingga 60% dari tingkat sebelum Covid-19.

Srinivas mengatakan, pemulihan sektor bisnis di Indonesia didorong oleh percepatan program vaksinasi Covid-19. hal tersebut pun berdampak pada pelonggaran mobilitas masyarakat di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Adapun Kamboja menempati posisi kedua di Asia Tenggara dengan pemulihan bisnis sebesar 90%. Setelahnya ada Malaysia dengan pemulihan bisnis mencapai 86%.

Pemulihan bisnis di Filipina dan Singapura masing-masing sebesar 75% dan 69%. Sementara, Thailand memiliki pemulihan bisnis paling rendah di Asia Tenggara, yakni 55%.

(Baca: Apa Risiko Bisnis Global Terbesar pada 2021?)

IKLAN