Daerah dengan tingkat Kepatuhan Pakai Masker Rendah Bertambah Sepekan Lalu

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Cindy Mutia Annur 17/09/2021 15:00 WIB
Tingkat Kepatuhan Memakai Masker Menurut Kabupaten/Kota
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat, kabupaten/kota dengan tingkat kepatuhan memakai masker di bawah 60% bertambah menjadi 40 daerah pada 4-10 Oktober 2021 lalu. Pada sepekan sebelumnya, hanya ada 30 kabupaten/kota yang memiliki tingkat kepatuhan memakai masker rendah.

Secara rinci, ada lima kabupaten/kota dengan tingkat kepatuhan memakai masker sebesar 0%. Kelimanya adalah Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Seram Bagian Timur, dan Kota Tanjung Balai.

Kabupaten/kota dengan tingkat kepatuhan memakai masker di rentang 61%-75% bertambah menjadi 32 daerah. Jumlah ini bertambah 6 daerah dari pekan sebelumnya yang sebanyak 26 kabupaten/kota.

Sementara, kabupaten/kota dengan tingkat kepatuhan memakai masker di rentang 91-100% berkurang dua menjadi 93 daerah. Kabupaten/kota dengan tingkat kepatuhan memakai masker di rentang 91-100% pun berkurang 15 menjadi 203 daerah.

Adapun, Satgas Penanganan Covid-19 melakukan pemantauan kepatuhan memakai masker tersebut kepada 7,89 juta orang di seluruh Indonesia pada periode tersebut. Terdapat 1,05 juta titik yang dipantau oleh petugas, antara lain bandara, stasiun, mal, kantor, sekolah, tempat wisata, tempat ibadah, hingga restoran/kedai.

Penggunaan masker, khususnya dengan dua rangkap atau tipe N95, penting sebagai langkah mencegah penularan corona. Selain itu, masyarakat diimbau menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

(Baca: Satgas Tegur 7,4 Juta Orang Terkait Protokol Kesehatan)

Data Populer
Lihat Semua