Belanda Miliki Sistem Pensiun Terbaik di Dunia pada 2020

Keuangan Non Bank
1
Monavia Ayu Rizaty 14/09/2021 13:20 WIB
10 Negara dengan Sistem Pensiun Terbaik di Dunia (2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Banyak orang mendambakan masa pensiun dengan menerima berbagai manfaat yang menguntungkan dan berkelanjutan. Namun, hal tersebut hanya bisa terlaksana di negara dengan sistem pensiun yang baik.

Mercer CFA Institute merilis laporan bertajuk Indeks Pensiun Global 2020 yang memeringkatkan negara-negara dengan sistem pensiun terbaik di dunia. Indeks ini mengukur sistem pensiun di 39 negara berdasarkan tiga sub-indeks yakni keberlanjutan, kecukupan, dan integritas.

Berikut ini daftar sepuluh negara yang memiliki sistem pensiun terbaik di dunia menurut Indeks Pensiun Global 2020:

  1. Belanda

Memiliki skor indeks sebesar 82,6 poin, Belanda dikukuhkan sebagai negara dengan sistem pensiun terbaik di dunia dengan grade A pada 2020. Sebagian besar pekerja di Belanda masuk dalam skema pensiun program manfaat pasti industri, dengan ukuran pendapatan sebesar pendapatan rata-rata seumur hidup.

  1. Denmark

Denmark berada di posisi kedua dengan skor indeks sebesar 81,4 poin dan masuk dalam grade A. Pendapatan pensiun Denmark terdiri dari skema pensiun dasar publik, manfaat pensiun tambahan yang teruji, skema iuran pasti yang didanai penuh, dan skema pekerjaan wajib.

  1. Israel

Israel menempati posisi ketiga dengan skor indeks 74,7 poin dan termasuk dalam grade B. Sistem pensiun di Israel berasal dari negara yang bersifat universal serta dari swasta dengan kontribusi wajib karyawan dan pemberi kerja.

  1. Australia

Australia menempati peringkat keempat dengan skor 74,2 poin dan masuk dalam grade B. Australia memiliki tiga skema pensiun yaitu skema pensiun publik, skema pensiun kerja, dan skema pensiun pribadi.

  1. Finlandia

Posisi kelima ditempati Finlandia dengan skor sebesar 72,9 poin dan masuk kategori grade B. Skema pensiun di Finlandia terdiri atas pensiun terkait pendapatan yang diperoleh dari pekerjaan atau aktivitas usaha serta pensiun nasional (untuk pensiunan yang pendapatannya sangat kecil).

  1. Norwegia

Norwegia memiliki sistem pensiun terbaik keenam di dunia dengan skor 71,2 poin dan termasuk grade B. Di Norwegia, sistem pensiun terbagi atas skema asuransi nasional, skema pensiun kerja atau pensiun dini kontraktual dari pemberi kerja, dan tabungan pensiun swasta.

  1. Singapura

Singapura tercatat memiliki skor sebesar 71,2 poin dan masuk dalam grade B. Sistem pensiun di Singapura adalah salah satu skema pensiun tertua dan paling berkembang di Asia. Sistem ini bertumpu pada Central Provident Fund yang menyediakan sebagian besar fungsi jaminan sosial.

  1. Swedia

Swedia menempati posisi kedelapan dengan skor indeks 71,2 poin dan termasuk dalam grade B. Sistem pensiun di Swedia terdiri dari tiga skema, yakni pensiun publik nasional dari negara, pensiun kerja dari pemberi kerja, dan dari tabungan sendiri.

  1. Kanada

Kanada memiliki skor sebesar 69,3 poin dan masuk dalam grade B. Kanada mengamanatkan semua pekerja yang berusia 18 tahun ke atas untuk menyisihkan sebagian pendapatan mereka ke program pensiun yang dikelola oleh pemerintah.

  1. Selandia Baru

Posisi kesepuluh ditempati Selandia Baru dengan skor sebesar 68,3 poin dan masuk dalam grade B. sistem pensiun di New Zealand terdiri dari skema pensiun umum, skema pensiun dini terbatas, skema pensiun kerja, skema KiwiSaver (tabungan sukarela berbasis kerja), dan skema pekerja sektor swasta.

(Baca: Nilai Kesenjangan Kematian dan Tabungan Pensiun di Tiongkok Terbesar di Dunia)

Data Populer
Lihat Semua