Singapura Jadi Smart City Terbaik di Dunia

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 10/09/2021 15:10 WIB
10 Kota dengan Skor Smart City Terbaik di Dunia (2020/2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil studi firma konsultan Eden Strategy Institute bertajuk ‘Top 50 Smart City Governments Rangkings’ menunjukkan, Singapura merupakan kota pintar (smart city) terbaik di dunia pada 2020/2021. Total skor yang dimiliki Negeri Singa dalam pemeringkatan tersebut mencapai 35,8.

Secara rinci, Singapura unggul dalam indikator insentif finansial, program pendukung, kesiapan talenta, dan sentrisitas manusia. Empat indikator tersebut sama-sama memiliki skor sebesar 4 poin.

Indikator kebijakan pintar dan ekosistem inovasi di Singapura masing-masing punya skor sebesar 3,9 poin. Kemudian, skor indikator anggaran, kepemimpinan, visi, dan rekam jejak tercatat sebesar 3 poin.

Seoul, Korea Selatan menempati peringkat kedua dengan total skor sebesar 34. Setelahnya ada London, Inggris dengan total skor sebesar 33,1.

Barcelona, Spanyol dan Helsinki, Finlandia menyusul dengan skor masing-masing sebesar 32,1 dan 32. Kemudian, New York, Amerika Serikat; Montreal, Kanada; dan Shanghai, Tiongkok berturut-turut memiliki skor sebesar 31,9, 31,8, dan 31,1.

Vienna, Austria dan Amsterdam, Belanda menempati posisi 10 besar terakhir. Masing-masing skornya sebesar 31,2 dan 31,1.

Salah satu kota di Indonesia juga termasuk dalam daftar ini, yakni Bandung. Ibu kota provinsi Jawa Barat tersebut menduduki peringkat ke-28 dengan skor 26,9.

Eden Strategy Institute melakukan studi in demi mengetahui sejauh mana pemerintah kota setempat dapat mendorong kesuksesan program kota pintar. Studi ini menggunakan sepuluh indikator, yakni visi, kepemimpinan, anggaran, insentif finansial, program pendukung, kesiapan talenta, sentrisitas manusia, ekosistem inovasi, kebijakan pintar, dan rekam jejak.

(Baca: Alokasi Belanja Teknologi untuk Smart City 2023 Capai US$ 189,5 Miliar)

Data Populer
Lihat Semua