Salvator Mundi Karya Leonardo da Vinci Jadi Lukisan Termahal di Dunia

Produk Konsumen
1
Monavia Ayu Rizaty 06/09/2021 13:00 WIB
5 Lukisan Termahal di Dunia yang Pernah Dijual Melalui Pelelangan (US$ Juta)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lukisan merupakan salah satu karya seni yang sering menarik perhatian banyak orang. Sebagian besar pecinta lukisan akan berlomba-lomba mengoleksi lukisan karya para maestro walaupun harus merogoh kocek yang sangat dalam.

Melansir dari artnews.com, inilah 5 lukisan termahal yang pernah terjual melalui pelelangan di dunia.

1. Salvator Mundi

Lukisan termahal di dunia ini saat ini adalah Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci, yakni US$ 450,3 juta atau Rp 6,4 triliun (kurs 14.232). Lukisan ini menggambarkan Yesus Kristus memakai jubah ala Renaisans sambil memegang bola kristal. Saat ini, lukisan Salvator Mundi dimiliki oleh seorang Pangeran Bader bin Abdullah, seorang anggota Kerajaan Arab Saudi.

2. Pendant Portraits of Maerten Soolmans and Oopjen Coppit

Lukisan seharga US$ 195 juta atau Rp 2,7 triliun ini menggambarkan potret pasangan Soolmans & Coppit ini dilukis oleh Rembrandt Van Rijn pada 1634. Lukisan tersebut berada di Rijksmuseum di mana kepemilikannya dibagi dengan Louvre. Lukisan ini sebelumnya dimiliki oleh keluarga Rothschild.

3. Portrait of a Young Man Holding a Roundel

Lukisan klasik karya pelukis Italia, Sandro Botticelli, terjual di lelang seharga Rp 92,2 juta atau Rp 1,3 triliun. Young Man Holding a Roundel dilukis pada 1470-an dan menjadi salah satu penjualan masterpiece di lelang Sotheby Masters Week di New York.

4. Massacre of the Innocents

Lukisan karya Peter Paul Rubbens ini seharga US$ 76,5 juta atau Rp 1,08 triliun ini menggambarkan adegan dalam Alkitab tentang pembantaian di Betlehem. Lukisan ini diperkirakan dibuat pada 1610 dan sempat hilang selama 129 tahun.

5. Lot and His Daughters

Lukisan yang juga merupakan karya Peter Paul Rubbens dijual seharga US$ 58,2 atau Rp 828 miliar. Lukisan ini sebelumnya pernah menjadi bagian dari koleksi tokoh-tokoh terkenal seperti Kaisar Romawi Suci Joseph I dan John Churchill, Duke of Marlborough pertama.

(Baca Selengkapnya: Museum Lovre Miliki Jumlah Pengunjung Terbanyak di Dunia pada 2019)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua