10 Drama Korea Paling Mahal, Arthdal Chronicles Peringkat Pertama

Daftar Drama Korea dengan Biaya Termahal

Sumber : Kpopmap,

Disalin..

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Dimas Jarot Bayu

2/9/2021, 12.00 WIB

Drama Korea menjadi salah satu hiburan yang kian populer di dunia. Jalan cerita menarik, aktor dan aktris ternama, hingga penggunaan spesial efek dan dekorasi set yang megah menjadi faktor drama Korea makin digemari.

Hal tersebut tentunya tak memakan biaya yang murah. Sejumlah drama Korea membutuhkan anggaran produksi yang besar demi mendapatkan kualitas terbaik. Berikut daftar 10 drama Korea dengan biaya terbesar:

1. Arthdal Chronicles

Arthdal Chronicles menjadi drama Korea dengan biaya produksi termahal, yakni 54 miliar won atau setara dengan Rp 665 miliar. Biaya produksi yang tinggi digunakan untuk efek CGI, kostum, hingga desain set.

Drama Korea ini juga dibintangi oleh aktor papan atas seperti Song Joong-ki, Kim Ji-won, dan Jang Dong-gun. Lokasi syuting drama tersebut pun dilakukan di Korea Selatan dan Brunei Darussalam.

2. The Legend

The Legend menempati urutan kedua karena menghabiskan biaya hingga 43 miliar won atau Rp 529,6 miliar. Biaya produksi drama sebanyak 24 episode ini untuk efek khusus dan bayaran aktor utama yang mencapai 250 ribu won atau Rp 3,07 miliar.

3. Kingdom 1 & 2

Kingdom 1 & 2 diperkirakan memakan biaya produksi sebesar 35 miliar won atau setara dengan Rp 431 miliar. Kingdom adalah drama orisinal dari Netflix dan mengangkat cerita tentang wabah zombie di abad 15. Satu episode drama ini diperkirakan menelan biaya 2-3 juta won atau sekitar hampir Rp 25 miliar.

4. Immortal Admiral Yi Sunsin

Immortal Admiral Yi Sunsin ada di posisi keempat dengan estimasi biaya sebesar 31 miliar won atau setara Rp 381,3 miliar. Drama historikal sebanyak 142 episode ini disiarkan pada 2004-2005 dan dibintangi oleh Kim MyungMin, Choi JaeSung, dan Lee JaeRyong.

KBS berinvestasi sekitar 26 miliar won atau Rp 319,8 miliar untuk produksi drama ini. Sementara sisanya sebesar 5 miliar won atau Rp 61,5 miliar berasal dari wilayah Buan.

5. The King: Eternal Monarch

Drama Korea yang dibintangi oleh Lee MinHo dan Kim GoEun ini diperkirakan memakan biaya hingga 30 miliar won atau setara Rp 369 miliar. Drama ini menggunakan banyak spesial efek untuk adegan aksi dan elemen fantasi di dalamnya.

6. Sweet Home

Drama orisinal dari Netflix ini diperkirakan memakan biaya hingga 30 miliar won atau setara Rp 369 miliar. Drama yang diperankan oleh Song Kang, Lee JinWook, Lee SiYoung, dan Lee DoHyun menghabiskan banyak biaya untuk efek khusus dan CGI monster.

7. Mr. Sunshine

Mr. Sunshine diperkirakan menghabiskan biaya produksi hingga 30 miliar won atau setara Rp 369 miliar. Biaya tersebut digunakan untuk latar sejarah, spesial efek, hingga membayar aktor ternama Lee ByungHun.

8. Dae Jo-Yeong

Drama historikal sebanyak 134 episode yang tayang pada 2006-2007 ini juga memakan biaya hingga 30 miliar won atau setara Rp 369 miliar. Drama yang diperankan oleh Choi Soo Jong dan Hong Soo Hyun itu begitu digemari oleh penontonnya hingga 15 bulan dengan rating hampir mencapai 30%.

9. Six Flying Dragons

Six Flying Dragons merupakan drama historikal dengan biaya produksi sekitar 30 miliar won atau setara Rp 369 miliar. Drama sebanyak 50 episode ini diperankan oleh Yoo Ahin, Kim MyungMin, dan Shin SeKyung.

10. Vagabond

Drama bergenre aksi ini memakan biaya hingga 25 miliar won atau setara Rp 307,5 miliar. Biaya tersebut salah satunya dipakai untuk keperluan produksi di Maroko dan Portugal. Drama ini juga memiliki banyak adegan aksi dan dibintangi oleh sejumlah aktor ternama, seperti Lee SeungGi, Suzy, dan Shin SungRok.

(Baca: Korean Wave Dorong Orang Indonesia Beli Produk Korea Selatan)

TOPIK

Media

data terkait