Daftar Kota dengan Perawatan Kesehatan Terbaik di Asia pada 2021

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Monavia Ayu Rizaty 16/08/2021 16:40 WIB
10 Kota dengan Indeks Perawatan Kesehatan Tertinggi di Asia (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sistem layanan kesehatan yang berkualitas dan efisien, memberi dampak besar bagi kualitas hidup masyarakat di suatu wilayah. Berdasarkan data yang dirilis Numbeo, kota Taipei, Taiwan dinobatkan sebagai kota yang memiliki perawatan kesehatan terbaik di Asia pada 2021. 

Taipe mempunyai skor Indeks Perawatan Kesehatan (Health Care Index) sebesar 87,35 poin. Selanjutnya, kota Kaohsiung, Taiwan berada di peringkat kedua dengan skor indeks 86,73. Peringkat ketiga ditempati Kota Chiang Mai, Thailand dengan skor indeks 83,81. Sementara Kota Jakarta hanya berada di peringkat 60 dengan skor 56,85.

Standar medis yang dimiliki Taiwan sudah diakui pihak internasional dengan kualitas medis yang sangat baik dengan harga yang relatif rendah dibandingkan dengan negara lain. Taiwan sangat terdepan dalam digitalisasi kesehatan karena menggunakan sistem rekam medis elektronik yang inovatif dan universal.

Sistem asuransi kesehatan nasional juga sangat berjasa terhadap kualitas sistem kesehatan di Taiwan. Sistem perlindungan kesehatan universal untuk setiap orang (single payer system) dan tingkat kepecayaan yang tinggi dari dunia kedokteran menjadi dua faktor penting yang menunjang keberhasilan asuransi ini.

Indeks perawatan kesehatan dihitung dari kualitas keseluruhan sistem perawatan kesehatan, profesional perawatan kesehatan seperti dokter dan perawat, peralatan kesehatan, staf rumah sakit, biaya rumah sakit, dan sebagainya.

 (Baca Selengkapnya: Tingkat Kematian Bayi di Afghanistan Tertinggi di Dunia pada 2021)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua