Korea Utara Miliki Stadion Terbesar di Dunia

Olahraga
1
Monavia Ayu Rizaty 10/08/2021 11:30 WIB
10 Stadion Terbesar di Dunia Berdasarkan Kapasitas Penonton (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Stadion menjadi tempat yang sangat penting untuk menyelenggarakan sebuah pertandingan olahraga. Sejumlah stadion dibangun dengan megah agar bisa menampung jumlah penonton sebanyak-banyaknya.

Berdasarkan World Atlas, Stadion Rungrado May Day menjadi yang paling besar di dunia pada saat ini karena memiliki kapasitas mencapai 150 ribu orang. Stadion yang terletak di Pyongyang, Korea Utara itu biasa digunakan untuk pertandingan sepak bola, beberapa acara atletik, dan acara kenegaraan.

Stadion Sardar Patel berada di peringkat kedua lantaran mampu menampung 110 ribu orang. Stadion yang terletak di Kota Ahmedabad, India itu diresmikan pada 2020 oleh Perdana Menteri India Narendra dan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Setelahnya ada Stadion Michigan yang memiliki kapasitas sebesar 107,6 ribu orang. Sesuai namanya, stadion tersebut terletak di Michigan, AS dan kerap dipakai untuk kompetisi american football antarperguruan tinggi di Negeri Paman Sam.

Masih dari AS, Stadion Beaver berada di peringkat keempat dengan kapasitas sebesar 106,5 ribu orang. Stadion Beaver berlokasi di Pennsylvania dan biasa digunakan untuk ajang pertandingan american football antarperguruan tinggi.

Posisi kelima ditempati oleh Stadion Ohio dengan kapasitas sebesar 102,8 ribu orang. Tak hanya untuk pertandingan olahraga, Stadion Ohio juga pernah digunakan untuk menggelar konser musik.

Adapun, stadion tertua di dunia ada di Olympia, Peloponnesos, Yunani. Stadion tersebut pernah digunakan untuk menyelenggarakan olimpiade kuno pada 776 SM.

(Baca: Raih Medali Emas Terbanyak, Amerika Serikat Juara Umum Olimpiade Tokyo 2020)

Data Populer
Lihat Semua