Kalimantan Timur Miliki Kematian Covid-19 Tertinggi di Pulau Borneo

Total Kematian Covid-19 di Pulau Kalimantan

Sumber : Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, 27 Juli 2021

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Dimas Jarot Bayu

28/7/2021, 14.40 WIB

Kalimantan Timur menjadi provinsi yang memiliki kasus kematian akibat virus corona Covid-19 tertinggi di Pulau Kalimantan. Jumlahnya mencapai 2.984 orang hingga Selasa, 28 Juli 2021.

Kasus kematian akibat corona tertinggi selanjutnya berasal dari Kalimantan Selatan, yakni 1.237 orang. Sebanyak 667 kasus kematian akibat corona terjadi di Kalimantan Tengah.

Kemudian, ada 561 kasus kematian akibat corona di Kalimantan Barat. Sebanyak 313 kasus kematian akibat virus tersebut juga terjadi di Kalimantan Utara.

Jika dibandingkan secara mingguan, maka peningkatan kasus kematian akibat corona tertinggi terjadi di Kalimantan Utara, yakni 20,84%. Kalimantan Timur menyusul dengan peningkatan kasus kematian akibat corona secara mingguan sebesar 17,8%.

Peningkatan kasus kematian akibat corona secara mingguan di Kalimantan Barat 14,7%. Sementara, peningkatan kematian akibat kasus corona di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah masing-masing sebesar 7,4% dan 12,5%.

Secara bulanan, peningkatan kasus kematian akibat corona yang tertinggi ada di Kalimantan Barat, yakni 129,9%. Setelahnya ada Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara yang peningkatan kasus kematian akibat corona secara bulanannya masing-masing sebesar 65,2% dan 59,7%.

Peningkatan kasus kematian akibat corona secara bulanan di Kalimantan Tengah sebesar 23,1%. Peningkatan kasus kematian akibat corona secara bulanan mencapai 16,5% di Kalimantan Selatan. Sementara, rata-rata kenaikannya dalam sebulan di seluruh provinsi 58,9%.

Demi menekan angka kematian, masyarakat diimbau untuk bersama-sama mencegah penularan corona. Hal tersebut dapat dilakukan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

(Baca: Lima Provinsi Sumatera Alami Kenaikan Kasus dalam Sepekan Terakhir)

data terkait