Lima Provinsi Punya Populasi Sapi Potong di Atas 1 Juta

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Agus Dwi Darmawan 19/07/2021 09:01 WIB
Top 5 Populasi Sapi Potong Menurut Provinsi, Update Kamis (31/Des)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Lima wilayah tahun ini mencatatkan populasi sapi potong di atas 1 juta ekor. Angka ini menurun dibandingkan tahun lalu yang tercatat ada enam provinsi. Saat ini, daerah dengan jumlah sapi potong terbanyak adalah Jawa Timur.

Statistik dari BPS, pada 2020 populasi sapi potong di wilayah ini sebanyak 4,82 juta ekor. Jumlah ini tumbuh 1.09 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Jawa Timur menempati posisi teratas bersama dengan enam wilayah lainnya yakni Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Utara dan Lampung. Dua provinsi lainnya dengan jumlah 1,43 juta ekor dan 1,8 juta ekor adalah Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan.

(Baca: Jawa Timur, Provinsi dengan Populasi Sapi Potong Terbesar).

Dalam 10 tahun terakhir populasi sapi potong terus mengalami perubahan dan Jawa Timur selalu berada di urutan teratas. Provinsi dengan tren penurunan tertinggi pada 2020 adalah Sumatera Utara yang turun 113,1 ribu ekor dibandingkan populasi tahun sebelumnya sebesar 1,01 juta ekor.

(Baca: Berapa Populasi Sapi Potong dan Kerbau di Indonesia?).

Menurut BPS, produksi daging sapi lima tahun terakhir cenderung mengalami peningkatan kecuali pada 2017 yang relatif stagnan.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian populasi sapi potong pada 2017 diperkirakan mencapai 16,6 juta dan tahun 2020 sebanyak 17,5 juta. Sedangkan studi identifikasi Ketahanan Pangan dan Preferensi Konsumen terhadap Konsumsi Daging, pada 2018 disebutkan bahwa rumah tangga Indonesia mengkonsumsi daging sekitar 679 ribu ton sedangkan tingkat produksi dalam negeri hanya mencukupi 496 ribu ton.

Meningkatnya kebutuhan daging sapi dalam negeri membuat pemerintah setiap tahun harus impor daging sapi dan sapi bakalan dari luar negeri.

Data Populer
Lihat Semua