Komitmen Pencegahan Perubahan Iklim Negara-Negara Dunia

Energi
1
Arofatin Maulina Ulfa 03/06/2021 11:27 WIB
10 Negara Kontributor Terbesar Dana Perubahan Iklim
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kelompok negara yang tergabung dalam Green Climate Fund (GCF) mulai mewujudkan komitmenya terhadap isu perubahan iklim. Pada 2020, sekelompok negara maju bersepakat memobilisasi dana sebesar US$ 100 miliar per tahun untuk mengatasi dampak perubahan iklim.

Adapun GCF merupakan lembaga pendanaan yang dibentuk dalam kerangka United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) sebagai upaya membangun mekanisme keuangan untuk membantu negara-negara berkembang dalam praktik adaptasi dan mitigasi untuk melawan dampak perubahan iklim.

Terdapat 10 negara kontributor terbesar dari 40 negara maju dan berkembang yang telah berkomitmen memberikan pendanaan sepanjang 2014 hingga 2020. Amerika Serikat (AS) menjadi kontributor terbesar dengan nilai US$ 3 miliar diikuti oleh Jepang dengan nilai US$ 1,5 miliar.

Selain kontribusi dari negara-negara maju anggota UNFCCC, GCF menghimpun dana dari sumber-sumber publik, non-publik, dan alternatif. Kontribusi dari pihak-pihak tersebut dapat diberikan dalam bentuk hibah, modal atau pinjaman. Upaya ini merupakan Langkah menekan dampak buruk akibat perubahan iklim yang semakin memburuk setiap tahun.

Data Populer
Lihat Semua