Perawat Terus Berguguran Akibat Pandemi Covid-19

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Yosepha Pusparisa 07/12/2020 12:30 WIB
Persebaran Kematian Perawat di Indonesia (5/12/2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Laju penularan Covid-19 di Indonesia belum juga terkendali. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengumumkan terdapat 136 perawat di Indonesia wafat akibat Covid-19 hingga Sabtu (5/12) lalu.

Sama seperti jumlah kematian dokter, Jawa Timur lagi-lagi kehilangan perawat dengan jumlah terbesar di Indonesia. Sebanyak 36 perawat meninggal dunia di wilayah tersebut. DKI Jakarta dan Jawa Tengah mengikuti dengan kematian 21 perawat di masing-masing daerah.

Menurut Persatuan Umum Perawat Nasional Indonesia (PPNI), 75% perawat yang gugur selama ini bertugas di kamar rawat inap. PPNI memperkirakan, mereka tertular dari pasien yang berstatus orang tanpa gejala (OTG).

IDI mencatat angka kematian tenaga medis meningkat hingga tiga kali lipat pada minggu pertama Desember 2020. Pihaknya berharap pada pemerintah dan seluruh pengelola fasilitas kesehatan agar memberikan alat pelindung diri (APD) yang memadai bagi tenaga medis dan kesehatan. Masyarakat pun diminta agar terus mengikuti protokol kesehatan sesuai Gerakan 3M, yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak.

(Baca: Mayoritas Masyarakat Yakin Vaksinasi Covid-19 Berjalan Sesuai Rencana Pemerintah)

Data Populer
Lihat Semua