Mayoritas Masyarakat Yakin Vaksinasi Covid-19 Berjalan Sesuai Rencana Pemerintah

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Yosepha Pusparisa 05/12/2020 09:12 WIB
Keyakinan Masyarakat terhadap Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Sesuai Target Pemerintah
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pemerintah menegaskan vaksinasi Covid-19 dapat mulai terealisasi pada Desember 2020 atau Januari 2021. Jajak pendapat Litbang Kompas terkait hal ini menunjukkan 49,2% responden yakin pemerintah dapat memulai vaksinasi sesuai target.

Sementara itu, sebanyak 39,1% responden menyatakan tidak yakin pemerintah bisa memulai vaksinasi sesuai target. Sedangkan, 11,7% responden lainnya menjawab tidak tahu.

Pemerintah tengah menjajaki empat perusahaan yang bakal memasok vaksin Covid-19 dari luar negeri. Ketiga perusahaan di antaranya berasal dari Tiongkok, yakni Sinovac, Sinopharm, dan CanSino. Sedangkan satu perusahaan lainnya adalah Astra Zeneca yang berada di Inggris.

(Baca: Setiap Orang di Kanada Bisa Terima 9 Dosis Vaksin Covid-19)

Litbang Kompas melakukan jajak pendapat pada 522 responden yang berumur minimal 17 tahun. Penelitian itu mencakup 34 provinsi di Indonesia. Tingkat kepercayaan 95% dengan nirpunciplikan ± 4,3%.

Sebelum vaksinasi terjadi, penting bagi masyarakat disiplin menjalankan protokol 3M (mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak dari kerumunan) untuk memutus penularas Covid-19. 

Data Populer
Lihat Semua