Mayoritas Pengguna Baru Layanan Digital Indonesia di Kawasan Nonmetro

Pengguna Baru Layanan Digital Berdasarkan Wilayah Metro dan Nonmetro

Sumber : Google, Temasek, Bain & Company, 11 November 2020

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Muhammad Ahsan Ridhoi

13/11/2020, 09.13 WIB

Saat pandemi, banyak masyarakat yang beralih ke internet untuk mencari solusi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di Indonesia sendiri, sebanyak 37% dari total pengguna layanan digital termasuk dalam kategori baru. Menariknya, angka tersebut 59% di antaranya berasal dari wilayah non-metro. Hanya 41% yang dari metro.

Komposisi pengguna layanan digital baru di kawasan non-metro Indonesia kedua tertinggi setelah Malaysia. Sementara di Vietnam sebaliknya. Pengguna baru di wilayah ini lebih banyak berada di kawasan metro, yakni 74%. Hanya 26% dari nonmetro.

(Baca: Proyeksi Nilai Ekonomi Internet ASEAN Mencapai US$ 309 Miliar pada 2025)

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.