Transaksi Sektor Perjalanan Online Indonesia Anjlok pada 2020

Teknologi & Telekomunikasi
1
Andrea Lidwina 12/11/2020 17:10 WIB
Gross Merchandise Value (GMV) per Sektor Digital di Indonesia
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Total nilai transaksi atau gross merchandise value (GMV) pada sektor perjalanan online (layanan pesan tiket, hotel, dan paket pariwisata) di Indonesia turun tajam pada 2020. Jumlahnya menjadi US$ 3 miliar dari sebelumnya US$ 10 miliar pada 2019.

Kemudian, sektor transportasi dan makanan juga mengalami hal serupa. Nilai transaksinya menjadi US$ 5 miliar, atau turun sekitar 18% dibandingkan tahun sebelumnya.

(Baca: Indonesia Diprediksi Kuasai Nilai Ekonomi Internet di ASEAN pada 2025)

Sementara itu, GMV pada sektor e-commerce dan media online (layanan streaming musik dan video) meningkat sepanjang tahun ini. E-commerce mencatatkan pertumbuhan 54% secara tahunan, sementara media sebesar 24%.

Data Populer
Lihat Semua