Konsumen Asia Tenggara Lebih Cermat dalam Berbelanja

Ekonomi & Makro
1
Yosepha Pusparisa 11/06/2020 07:00 WIB
Konsumen yang Menerapkan
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Situasi krisis, seperti pandemi Covid-19 sekarang ini membuat masyarakat lebih pemilih dan cermat dalam berbelanja. Mereka tampak lebih konservatif dan mengedepankan value for money (VFM). Konsep tersebut mengutamakan harga yang rendah namun tetap efisien dan efektif.

Dalam penelitian YouGov, pertimbangan dalam berbelanja dan berpedoman pada VFM paling banyak dilakukan masyarakat Thailand. Setidaknya 71% konsumen Negeri Gajah Putih itu lebih berhati-hati dalam berbelanja. Singapura dan Malaysia menyusul dengan 68% dan 59% konsumen yang mengikuti konsep VFM.

Tren belanja berdasarkan VFM diprediksi akan berlanjut. Sebab penduduk di Asia Tenggara dianggap kurang materialistis, menabung lebih banyak, dan mengambil asuransinya dalam masa kewajaran baru.

(Baca: Negara Terbaik Penanganan Covid-19, Indonesia Urutan 7 di Asia Tenggara)

Editor : Safrezi Fitra
Data Populer
Lihat Semua