Ini Durasi Iklan yang Paling Banyak Ditayangkan Podcast

Durasi Iklan Podcast (2018)

Sumber : PricewaterhouseCoopers (PwC), Interactive Advertising Bureau (IAB), Juni 2019

Disalin..

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Safrezi Fitra

22/5/2020, 13.00 WIB

Podcast atau rekaman audio yang dapat didengarkan melalui internet biasanya diselingi dengan iklan. Iklan juga menjadi sumber pendapatan podcast, serupa dengan media lainnya. Durasi yang ditawarkan pun berbeda-beda, mulai dari 15 detik hingga lebih dari 90 detik.

Selama 2018, iklan podcast yang paling banyak disiarkan atau 30% dari total menghabiskan waktu 60 detik. Tepat di bawahnya, iklan berdurasi 90 detik menyusul dengan 27%. Sementara iklan yang paling sedikit ditayangkan berdurasi lebih dari 90 detik atau hanya 1% dari total.

(Baca: Orang Indonesia Habiskan Hampir 8 Jam untuk Berinternet)

Genre podcast terpopuler adalah berita, politik, dan kejadian yang tengah hangat dibicarakan (18,4%). Selain itu, komedi (13,9%), bisnis (12,8%), pendidikan (10,6%), dan seni-hiburan (10%) masuk dalam daftar lima genre teratas. Kelima genre tersebut menghasilkan 65,7% dari total pendapatan iklan podcast pada 2018 yang mencapai US$ 479,1 juta atau Rp 7 triliun (kurs Rp 14.700/USD).

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.