Podcast atau rekaman audio yang dapat didengarkan melalui internet biasanya diselingi dengan iklan. Iklan juga menjadi sumber pendapatan podcast, serupa dengan media lainnya. Durasi yang ditawarkan pun berbeda-beda, mulai dari 15 detik hingga lebih dari 90 detik.
Selama 2018, iklan podcast yang paling banyak disiarkan atau 30% dari total menghabiskan waktu 60 detik. Tepat di bawahnya, iklan berdurasi 90 detik menyusul dengan 27%. Sementara iklan yang paling sedikit ditayangkan berdurasi lebih dari 90 detik atau hanya 1% dari total.
(Baca: Orang Indonesia Habiskan Hampir 8 Jam untuk Berinternet)
Genre podcast terpopuler adalah berita, politik, dan kejadian yang tengah hangat dibicarakan (18,4%). Selain itu, komedi (13,9%), bisnis (12,8%), pendidikan (10,6%), dan seni-hiburan (10%) masuk dalam daftar lima genre teratas. Kelima genre tersebut menghasilkan 65,7% dari total pendapatan iklan podcast pada 2018 yang mencapai US$ 479,1 juta atau Rp 7 triliun (kurs Rp 14.700/USD).