Salip Korsel, Jerman Memimpin Indeks Inovasi 2020

Indeks Inovasi Bloomberg (2020)

Sumber : Bloomberg L.P., 18 Januari 2020

Disalin..

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Aria W. Yudhistira

16/3/2020, 14.57 WIB

Jerman dinobatkan menjadi negara dengan indeks inovasi tertinggi di dunia versi Bloomberg. Negara tersebut mengantongi indeks sebesar 88,21 poin yang didukung sektor manufaktur, teknologi tinggi, dan aktivitas hak cipta. Tahun ini, Jerman mampu mengalahkan Korea Selatan yang selama enam tahun berturut-turut berada di posisi teratas.

Korea Selatan yang berhasil disalip Jerman mengumpulkan nilai 88,16 poin pada 2020. Singapura menyusul dengan 87,01 poin sekaligus naik tiga tingkat dari 2019. Negara itu ditopang produktivitas dan nilai tambah manufaktur, apalagi efisiensi pendidikan tersier masih yang terbaik di dunia.

Indeks Inovasi Bloomberg menggunakan skala penilaian 0-100 berdasarkan tujuh kategori. Kategori tersebut adalah aktivitas hak cipta, konsentrasi terhadap penelitian, pendidikan tersier, kepadatan perusahaan teknologi, produktivitas, nilai tambah manufaktur, dan pengeluaran terhadap penelitian dan pengembangan.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.