Setahun Kepemimpinan Ridwan Kamil-Ruzhanul Ulum Dinilai Bawa Jabar Lebih Baik

Persepsi Perubahan Satu Tahun Kepemimpinan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Hari Widowati

9/9/2019, 16.28 WIB

Hasil survei Indonesia Strategic Institute (Instrat) menunjukkan sebanyak 63% responden menilai, satu tahun kepemimpinan Ridwan Kamil (RK)-Uu Ruzhanul Ulum membawa Jawa Barat ke perubahan yang lebih baik. Adapun yang menilai kepemimpinan RK-Uu ke arah yang lebih buruk sebanyak 6% dan responden yang menjawab tidak tahu sebanyak 31%.

Selain itu, pasangan RK-Uu juga dinilai lebih responsif dibandingkan dengan kepemimpinan pada periode sebelumnya. Sebanyak 60% responden menyatakan responsif, sedangkan yang menyatakan tidak responsif hanya 7%. Sebanyak 33% responden menjawab tidak tahu.

Namun, RK-Uu dinilai harus memperbaiki pola koordinasi, khususnya koordinasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota. Sebanyak 47% responden menilai RK-Uu sudah berkoordinasi dengan baik, tetapi masih ada 12% responden yang menyatakan mereka belum berkoordinasi dengan baik. Sementara responden yang menjawab tidak tahu sebanyak 41%.

Survei ini diselenggarakan pada 20-26 Agustus 2019. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling. Total responden sebanyak 405 orang yang meliputi 94 desa/kelurahan dari total 27 kabupaten/kota. Margin of error dari survei tersebut sebesar 5%.

(Baca Databoks: Berapa Jumlah Penduduk di Provinsi Jawa Barat pada 2019?)

TOPIK

Politik

data terkait