46% Konsumen Indonesia Tak Percaya Layanan Digital

5 Elemen Kepercayaan terhadap Layanan Digital di Asia Pasifik dan Indonesia

Sumber : Microsoft Indonesia, PT, 26 Juni 2019

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Hari Widowati

27/6/2019, 16.00 WIB

Riset Microsoft dan International Data Corporation (IDC) menyebutkan sebanyak 46% konsumen Indonesia tidak mempercayai layanan digital. Hal tersebut disebabkan adanya isu keamanan, privasi, dan reliabilitas terhadap layanan digital. 

Menurut riset tersebut, faktor yang paling memengaruhi kepercayaan konsumen terhadap layanan digital adalah elemen keamanan 87%, kerahasiaan pribadi sebesar 86%, dan etika 85%. Elemen lainnya adalah kepatuhan sebesar 82% dan reliabilitas sebesar 80%.

Riset yang berjudul Understanding Consumer Trust in Digital Services in Asia Pasific ini dilakukan kepada 457 konsumen di Indonesia. Riset ini juga menyatakan bahwa konsumen memiliki harapan kepercayaan tertinggi terhadap jasa keuangan, lembaga pendidikan, dan organisasi layanan kesehatan.

(Baca Databoks: Survei APJII: Pengguna Internet Masih Terkonsentrasi di Jawa)

data terkait