Meski Turun, Tiongkok Masih Jadi Tujuan Ekspor Nonmigas Terbesar

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Nazmi Haddyat Tamara

25/6/2019, 14.48 WIB

Ekspor nonmigas tujuan Tiongkok menjadi yang tertinggi dengan nilai US$ 9,55 miliar.

Tiongkok masih menduduki peringkat pertama tujuan ekspor nonmigas Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Januari-Mei 2019 nilai ekspor nonmigas ke Tiongkok sebesar US$ 9,55 miliar. Namun, angka ini menurun sebesar 6,86% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai US$ 10,2 miliar.

Baca selengkapnya

Selanjutnya, Amerika Serikat (AS) dan Jepang menduduki posisi kedua dan ketiga dengan nilai ekspor nonmigas masing-masing sebesar US$ 7,25 miliar dan US$ 5,67 miliar. Serupa dengan Tiongkok, kedua negara ini juga mengalami penurunan masing-masing sebesar 2,29% dan 17,5%. Secara umum, hampir semua negara tujuan mengalami penurunan nilai ekspor nonmigas dibandingkan dengan periode tahun lalu. Hanya Taiwan yang mengalami peningkatan sebesar 17,35% dengan nilai ekspor nonmigas sebesar US$ 1,3 miliar pada Januari-Mei 2019 dan US$ 1,5 miliar.

Kepala BPS Suhariyato mengatakan penurunan ekspor sedikit banyak terpengaruh situasi global. Perekonomian saat ini masih dirundung ketidakpastian global serta harga komoditas yang berfluktuasi.

Tampilkan minimal

Nilai Ekspor NonMigas Menurut Negara Tujuan

 
  • Sumber

    Badan Pusat Statistik (BPS)

  • Rilis

    Badan Pusat Statistik (BPS) 24 Juni 2019

  • Informasi lain

    -

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya