BI Pertahankan Suku Bunga Acuan di 6% untuk Keenam Kalinya

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Hari Widowati

20/6/2019, 16.32 WIB

Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan 7 days repo rate di level 6%. Ini merupakan keenam kalinya BI mempertahankan suku bunga acuan.

Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuannya di level 6% untuk keenam kalinya, Kamis (20/6). Keputusan ini berdasarkan pertimbangan BI yang terus mencermati kondisi pasar keuangan global dan stabilitas perekonomian Indonesia. BI menilai inflasi berada di level yang rendah dan pertumbuhan ekonomi dalam negeri membutuhkan dorongan.

Baca selengkapnya

Keputusan BI ini sejalan dengan ekspektasi para pelaku pasar dan kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat (AS) yang mempertahankan suku bunga acuannya di level 2,5%.

Untuk meningkatkan likuiditas perbankan dalam negeri, BI juga memangkas ketentuan Giro Wajib Minimum (GWM) sebesar 50 basis poin untuk bank umum konvensional maupun bank umum syariah menjadi 6% dan 4,5%. Adapun GWM Rerata masing-masing sebesar 3% berlaku efektif mulai 1 Juli 2019. 

(Baca Databoks: Juni 2019, The Fed Pertahankan Suku Bunga Acuan)

Tampilkan minimal

Perkembangan Suku Bunga Acuan Bank Indonesia

 
  • Sumber

    Bank Indonesia

  • Rilis

    Bank Indonesia 20 Juni 2019

  • Informasi lain

    Bank Indonesia

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya