Indonesia Masuk Lima Besar Produsen Pensil dan Krayon Dunia

Penulis: Hari Widowati

Editor: Hari Widowati

8/6/2019, 09.00 WIB

Produk pensil dan krayon asal Indonesia telah menembus pasar ekspor di lebih dari 35 negara, antara lain Arab Saudi, Inggris, Amerika Serikat, dan Jepang.

Indonesia merupakan salah satu eksportir pensil dan krayon terkemuka di dunia, tepatnya di urutan keempat setelah Tiongkok, Jerman, dan Brasil. Produk pensil dan krayon asal Indonesia telah menembus pasar ekspor di lebih dari 35 negara, antara lain Arab Saudi, Inggris, Amerika Serikat, dan Jepang. Nilai ekspor pensil dan krayon Indonesia mencapai US$ 90,6 juta per tahun atau sekitar Rp 1,27 triliun (kurs Rp 14.000/US$).

Baca selengkapnya

Menurut Worldatlas.com, Tiongkok merupakan produsen serta eksportir pensil dan krayon terbesar di dunia. Nilai ekspor pensil dan krayon Tiongkok mencapai US$ 729 juta atau sekitar Rp 10,21 triliun. Ekspor Tiongkok tersebut menyumbang 44% dari total nilai ekspor pensil dan krayon dunia.

Jerman merupakan negara pengekspor pensil dan krayon terbesar kedua di dunia. Pendapatan dari ekspor pensil serta krayon mencapai US$ 166 juta per tahun atau sekitar Rp 2,32 triliun. Brasil di urutan ketiga dengan nilai ekspor pensil dan krayon US$ 105 juta atau sekitar Rp 1,47 triliun.

(Baca Databoks: Indonesia Produsen Nanas Terbesar ke-9 di Dunia)

Tampilkan minimal

Nilai Ekspor Pensil dan Krayon dari 5 Produsen Utama Dunia

 
  • Sumber

    Worldatlas.com

  • Rilis

    Worldatlas.com April 2019

  • Informasi lain

    Worldatlas.com

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya