Cek Data: Berapa Mantan Koruptor yang Menjadi Caleg Gerindra?

Ekonomi & Makro
17/01/2019 23:25 WIB
Jumlah Calon Legislatif Mantan Narapidana Korupsi Menurut Partai (Juli 2018)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dalam ajang debat calon presiden dan calon wakil presiden 2019, calon presiden nomor urut 01 Jokowi melontarkan pernyataan ke pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto bahwa sebanyak enam calon legislatif (caleg) dari partai Gerindra mempunyai rekam jejak sebagai mantan narapidana korupsi

“Saya tidak menuduh partai korupsi atau tidak. Tapi (caleg) ini mantan napi korupsi yang sudah dihukum. Yang tandatangan kan ketua umum dan sekjen partai,” ujar Jokowi. 

Prabowo menjawab bahwa pencalonan anggota legislatif tersebut merupakan bagian dari demokrasi. Menurut dia, kalau rakyat tidak mau memilih, maka jangan dipilih. Yang jelas, Prabowo menekankan bahwa yang bersangkutan sudah melalui proses hukum. “Kalau hukum mengizinkan dan rakyat menghendaki dia (silakan dipilih).”

Berdasarkan data yang dihimpun Indonesia Corruption Watch (ICW) memang terdapat 6 caleg eks napi koruptor yang berasal dari partai Gerindra. Namun ini bukan merupakan yang terbanyak, jumlah terbanyak berada di Partai Golkar dengan 8 caleg eks koruptor. Selanjutnya partai Hanura dengan 6 caleg, Demokrat dan PAN masing-masing 4 caleg.

Data Populer
Lihat Semua