Daya Beli Petani Perkebunan Rakyat November 2018 Turun 0,69 Persen

6 Desember 2018

Dari lima subsektor pertanian, Hanya nilai tukar petani subsektor tanaman pangan yang mengalami kenaikan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik indeks nilai tukar petani (NTP) gabungan naik 0,09% menjadi 103,12 pada November 2018 dibanding bulan sebelumnya. Hal ini mengindikasikan bahwa daya beli petani mengalami peningkatan. Penguatan ini dipicu oleh kenaikan indeks harga hasil produksi pertanian lebih besar dibanding kenaikan indeks harga barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga serta keperluan produksi pertanian.

Baca selengkapnya

Namun, kenaikan indeks nilai tukar petani hanya dirasakan oleh petani tanaman pangan dimana indeksnya pada November 2018 naik 1,43 (1,36%) menjadi 106,23 dari bulan sebelumnya. Sementara indeks nilai tukar petani perkebunan rakyat turun 0,66 (0,69%) ke posisi 95,59 demikian pula indeks nilai tukar subsektor pertanian lainnya, termasuk subsektor perikanan turun.

Dari lima subsektor pertanian, hanya NTP tanaman pangan yang mengalami kenaikan seperti terlihat pada grafik di bawah ini. Hal tersebut mengindikasikan bahwa daya beli petani tanaman pangan yang mengalami peningkatan seiring naiknya harga pangan. Sementara petani lainnya mengalami penurunan, terutama petani tanaman hortikultura dan perkebunan rakyat akibat turunnya harga komoditas.

Tampilkan minimal

Indeks Nilai Tukar Petani (Okt-Nov 2018)

 
  • Sumber

    Badan Pusat Statistik (BPS)

  • Rilis

    Badan Pusat Statistik (BPS) Des 2018

  • Informasi lain

    -

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya