Survei Alvara: Jokowi dan Prabowo Masih Kandidat Presiden Terkuat

Elektabilitas Kandidat Presiden Menurut Survei Alvara Beyond Insight (Agustus 2018)

Sumber : Alvara Research Center, 2018

Disalin..

3/8/2018, 19.41 WIB

Nama Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto masih menjadi pilihan bagi sebagian besar masyarakat untuk dicalonkan pada pemilihan presiden 2019. Ini tercermin dari hasil survei Alvara Beyond Insight di mana elektabilitas Jokowi mencapai 48,4% suara dan Prabowo sebesar 32,2% suara. Sementara elektabilitas kandidat lainnya kurang dari 2%. Sementara yang belum memutuskan untuk memilih mencapai 12%.

Pendaftaran calon presiden 2019 akan berlangsung dari 4-10 Agustus 2018. Namun, hingga saat ini belum ada yang secara resmi mendeklarasikan pasangan calon untuk mengikuti pemilihan presiden tahun depan. Para tokoh partai masih sibuk melakukan lobi-lobi untuk meracik pasangan yang ideal dan saling menguntungkan bagi partai pendukung. Dari kubu petahana, masih mencari posisi wakil presiden yang pas untuk mendampingi Jokowi. Sementara dari kubu lawannya belum menemukan pasangan ideal dan kuat untuk melawan Jokowi di pemilihan presiden tahun depan.

Survei Alvara dilakukan pada 20-28 Juli 2018 dengan melakukan wawancara tatap muka dan melibatkan 1.142 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Metode pengumpulan data menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error +/- 2,95%.

 

TOPIK

Politik

data terkait