Berapa Pendapatan Iklan FIFA dari Sponsor?

Pendapatan FIFA dari Para Sponsor (2002-2018)

Sumber : Nielsen.com, 2018

Disalin..

19/6/2018, 16.20 WIB

Pendapatan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) 2018 dari para sponsor diperkirakan turun sekitar 11%. Berdasarkan data laporan Nielsen yang bertajuk World Football Report 2018 pendapatan FIFA periode 2015-2018 hanya mencapai US$ 1,45 miliar (Rp 20,2 triliun) dari periode 2011-2014 yang mencapai US$ 1,63 miliar.

Turunnya pendapatan tersebut dipicu oleh mundurnya beberapa sponsor utama FIFA seperti Johnson & Johnson, Sony dan Castrol yang takut image mereka terpapar akibat terkuaknya skandal korupsi di federasi sepakbola dunia tersebut. Periode 2015-2018 merupakan masa sulit dalam penyelenggaraaan Piala Dunia setelah ditinggal oleh para sponsor.

Munculnya para sponsor dari Tiongkok mampu menopang pendapatan FIFA tidak jatuh cukup dalam. Brand (merek) dari Negeri Tirai Bambu seperti Wanda, Hisense, Vivo, Mengsiu berhasil menyelamatkan pendapatan federasi sepak bola dunia tersebut di era kepemimpinan Gianni Infantino. Komposisi pendapatan iklan yang berasal dari kawasan Asia mencapai 39% dari total pendapatan iklan periode 2015-2018.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.