Indonesia Masuk Daftar 10 Negara Teraman di Dunia

Layanan konsumen & Kesehatan
18/06/2018 12:21 WIB
10 Negara Teraman Menurut Laporan Gallup 2018 Global Law and Order
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan laporan Gallup 2018 Global Law and Order Indonesia masuk daftar 10 negara teraman di dunia. Posisi Indonesia berada di peringkat 9 dengan skor 89 di bawah Kanada yang mendapat nilai 90, tapi di atas Denmark yang memiliki skor 88. Sementara peringkat pertama ditempati Singapura dengan nilai 97. Posisi Indonesia tersebut mampu bersanding dengan negara-negara maju. 

Dalam risetnya Gallup’s Law and Order melakukan survei terhadap 148 ribu responden orang dewasa dari 142 negara untuk diwawancarai dengan topik terkait keamanan di sekitar tempat tinggal mereka pada 2017. Dari survei tersebut diperoleh data negara-negara teraman di dunia dengan skor tertinggi hingga terendah.

Adapun pertanyaan dari survei tersebut adalah sebagai berikut, pertama apakah anda memiliki kepercayaa pada kepolisian setempat. Kedua, anda merasa aman berjalan sendirian pada malam hari di tempat anda tinggal. Ketiga, dalam 12 bulan terakhir anda atau keluarga anda pernah kehilangan uang atau barang. Keempat, dalam 12 bulan terakhir anda pernah diserang atau dirampok. Dari riset tersebut, Gallup melihat ada hubungan yang kuat antara jawaban responden dengan pertanyaan tentang keamanan mereka, pengalaman kejahatan dan penegakan hukum, serta tindakan eksternal yang terkait dengan pembangunan ekonomi dan sosial.

Data Populer
Lihat Semua