Antisipasi Lebaran, 4 Bank Besar Siapkan Uang Tunai Rp 185 Triliun

4 Bank Besar Siapkan Uang Tunai Puluhan Triliun Antisipasi Lebaran 2018

Sumber : PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Bank BCA, PT Bank BRI Tbk, Bank BNI, Mei-Juni 2018

Disalin..

30/5/2018, 13.52 WIB

Empat bank besar, yakni Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BNI dan Bank BRI telah menyiapkan ketersediaan uang tunai hingga puluhan triliun menjelang datangnya bulan puasa serta antisipasi perayaan hari Raya Idul Fitri 2018. Sebab pada momen seperti ini permintaan uang tunai di masyarakat sangat tinggi. Antara lain untuk pembayaran gaji karyawan, tunjangan hari raya (THR) maupun meningkatnya belanja masyarakat.

Bank Mandiri pada perayaan hari raya Lebaran tahun ini telah menyiapkan uang tunai Rp 57,2 triliun dan Bank BNI sebesar Rp 54,8 triliun (Rp 13,7 triliun/miggu). Demikian pulan Bank BCA melakukna antisipasi kebutuhan hari raya Idul Fitri tahun ini dengan menyiapkan uang tunai  sebesar Rp 45 triliun sementara Bank BRI sebesar Rp 24,5 triliun.

Adapun Bank Indonesia (BI) telah menyiapkan uang beredar sebesar Rp 188,2 triliun pada Lebaran tahun ini. Angka ini lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp 163 triliun. Panjangnya hari libur bersama pada Lebaran tahun ini yang berlangsung dari tanggal 11-20 Juni membuat perputaran uang di masyarakat akan tinggi.  

TOPIK

Moneter

data terkait