Inilah Neraca Garam Indonesia 2017

27 Maret 2018

Produksi garam yang hanya mengandalkan dari hasil petani tambak lokal serta belum adanya industri garam yang digarap secara berkelanjutan membuat pemerintah masih impor garam setiap tahun.

Indonesia yang merupakan salah satu negara maritim terbesar dunia dan terletak di garis khatulistiwa. Namun, setiap tahunnya selalu impor garam karena produksi dalam negeri tidak mencukupi kebutuhan yang terus meningkat. Produksi garam yang hanya mengandalkan dari hasil petani tambak lokal serta belum adanya industri garam yang digarap secara berkelanjutan untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat membuat pemerintah masih impor garam, terutama dari Australia.

Baca selengkapnya

Berdasarkan data neraca garam Indonesia, stok awal garam pada 2017 mencapai 789,9 ribu ton. Sementara jumlah pasokan mencapai 2,2 juta ton, berasal dari produksi domestik 916,9 ribu ton ditambah impor sebanyak 2,2 juta ton. Sehingga secara akumulasi persediaan garam sepanjang tahun lalu mencapai 3,9 juta ton.

Sementara penggunaan garam domestik mencapai 3,5 juta ton ditambah untuk ekspor 215 ton. Jika ditotal konsumsi garam domestik ditambah untuk pangsa ekspor mencapai 3,55 juta ton. Maka stok akhir tahun lalu, yakni selisih antara persediaan dengan penggunaan mencapai 349,5 ribu ton.

Tampilkan minimal

Neraca Garam Indonesia 2017

* data Impor Garam hingga Nov 2017
 
  • Sumber

    Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) , Badan Pusat Statistik (BPS) , Kementerian Perindustrian (Kemenperin) , Kementerian Perdagangan

  • Rilis

    Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) , Badan Pusat Statistik (BPS) , Kementerian Perindustrian (Kemenperin) , Kementerian Perdagangan 2018

  • Informasi lain

    -

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya