Inilah Pengadaan Beras Perum Bulog

Agroindustri
22/01/2018 10:58 WIB
Pengadaan Setara Beras PSO Perum Bulog (2008-2016)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pengadaan setara beras Public Service Obligation (PSO) Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) pada 2016 mencapai 3,51 juta ton meningkat 34,4% dari tahun sebelumnya. Jumlah tersebut terdiri dari pengadaan gabah (setara beras) seberat 116 ribu ton, beras dalam negeri 2,85 juta ton, dan beras luar negeri 549 ribu ton. Sementara pengadaan untuk jenis premium seberat 193 ribu ton, sehingga total pengadaan beras Perum Bulog untuk PSO dan komersial mencapai 3,7 juta ton.

Perum Bulog adalah perusahaan milik pemerintah yang memiliki tugas PSO untuk menjaga stabilitas harga beras di tingkat produsen dengan melakukan pembelian beras petani berkualitas medium dengan harga pokok produksi. Sementara di tingkat konsumen Perum Bulog melakukan operasi pasar pada saat terjadi kenaikan harga atau kelangkaan beras di pasar.

Namun, Perum Bulog juga menjalankan bisnis dan perdagangan beras premium yang memiliki nilai ekonomi dan kualitas lebih baik dari beras medium. Pengadaan beras premium ini merupakan beras dengan kualitas tinggi yang berasal dari penggilingan beras lokal maupun mendatangkan dari luar negeri.

(Baca Databoks: Inilah Penyaluran Beras Miskin Perum Bulog)

Data Populer
Lihat Semua