Samsung Masih Menguasai Pasar Smartphone Indonesia

Pangsa Pasar Smartphone Indonesia Triwulan III 2017

Sumber : IDC Research, Inc., Nov 2017

Disalin..

22/12/2017, 11.18 WIB

Samsung masih mendominasi pangsa pasar smartphone (telepon pintar) di Indonesia. Berdasarkan data IDC, penjualan pabrikan asal Korea Selatan tersebut pada triwulan III 2017 menguasai 30 persen ceruk pasar telepon pintar di tanah air. Namun, pangsa pasarnya telah menyusut dibanding pada triwulan III tahun sebelumnya mencapai 32,2 persen.

Di urutan kedua pangsa pasar smartphone terbesar adalah Oppo, yakni mencapai 25,5 persen dan di posisi ketiga adalah Advan sebesar 8,3 persen. Kemudian Vivo dengan ceruk 7,5 persen dan Xiomi 6,2 persen.

Meskipun Samsung masih menguasai ceruk penjualan telepon Indonesia, tapi tiga pabrikan smartphone asal Tiongkok seperti Oppo, Vivo, dan Xiomi telah menguasai lebih dari 39 persen. Harga smartphone asal Negeri Tirai Bambu yang lebih murah menjadi pilihan masyarakat Indonesia dibandingkan dengan pabrikan asal negara lainnya. Yang menarik, pabrikan telepon pintar lokal, yakni Advan mampu menembus di lima besar.

 

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.