Transaksi Harbolnas 2017 Naik 42 Persen

Teknologi & Telekomunikasi
20/12/2017 15:39 WIB
Transaksi Ajang Belanja Online Nasional (2012-2017)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Transaksi Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2017 yang diikuti 254 e-commerce kembali mencetak rekor tertinggi baru. Menurut survei Nielsen, ajang belanja lewat internet yang berlangsung selama tiga hari tersebut mencatat transaksi Rp 4,7 triliun, naik 42 persen (Rp 1,4 triliun) dari gelaran tahun sebelumnya Rp 3,3 triliun.  

Nielsen juga mencatat, 68 persen masyarakat yang melakukan belanja Harbolnas adalah konsumen regular yang sudah pernah melakukan transaksi. Sebanyak 27 persen adalah konsumen yang baru pertama kali belanja di ajang Harbolnas, dan 5 persen merupakan konsumen yang baru pertama kali melakukan belanja online. Transaksi konsumen belanja online di Jawa naik 35 persen dan di luar Jawa bahkan mencapai 82 persen dan selama festival Harbolnas mampu menaikkan transaksi belanja konsumen 4,2 kali dari hari biasa.

Sebanyak 55 persen konsumen transaksi Harbolnas 2017 adalah laki-laki. Sementara berdasarkan umur, pembeli dengan usia muda, yaitu 15-24 tahun mendominasi 46 persen transaksi di ajang tersebut. Dikuti usia 24-34 tahun sebesar 29 persen.

Baca Databoks lainnya: 

Sehari, Festival Belanja Alibaba Catat Transaksi Rp 343 Triliun
Fenomena Belanja Online Picu Pertumbuhan Sektor Logistis
Inilah 10 Startup Peringkat Teratas di Indonesia

Data Populer
Lihat Semua