Kepadatan Kendaraan Bermotor Papua Terendah

Utilitas
04/12/2017 06:56 WIB
Rasio Panjang Jalan Terhadap Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Pulau (2014)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kepadatan kendaraan bermotor di Pulau Papua merupakan yang terendah dibandingkan dengan wilayah lainnya. Menurut data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), rasio panjang jalan di Papua dan Papua Barat hanya mencapai 33,45. Artinya setiap satu kilo meter (km) jalan di wilayah tersebut berbanding dengan akses melayani 33 kendaraan bermotor. Sebagai informasi panjang jalan di Papua 21.560 km sementara jumlah kendaraan 721 ribu kendaraan.

Sementara kepadatan kendaraan bermotor tertinggi berada di Pulau Jawa dengan rasio panjang jalan terhadap jumlah kendaraan bermotor mencapai 510,96. Artinya setiap satu km jalan di Pulau Jawa melayani lebih dari 500 kendaraan. Sedangkan rasio panjang jalan terhadap jumlah kendaraan bermotor nasional sebesar 216,37.  

Meskipun rasio tersebut belum mencerminkan kepadatan jalan yang sebenarnya karena belum memperhitungkan bobot perbedaan jenis kendaraan, tapi setidaknya dapat memberikan informasi tingkat penggunaan jalan di suatu wilayah. Panjang jalan meliputi panjang jalan kabupaten, jalan provinsi, serta jalan nasional, dan tidak memperhitungkan jalan tol. Sementara jenis kendaraan yang diperhitungkan adalah mobil penumpang, bus, truk, dan sepeda motor.  

Data Populer
Lihat Semua