Triwulan III 2017, Pertumbuhan Pengeluaran Transportasi dan Komunikasi Tertinggi

8 November 2017

Konsumsi Rumah Tangga (RT) pada triwulan III 2017 menunjukkan perlambatan dibanding triwulan sebelumnya. Data Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) menurut pengeluaran konsumsi RT pada triwulan III tahun ini hanya tumbuh 4,93 persen menjadi Rp 1.372,05 triliun, lebih rendah dibanding triwulan sebelumnya yang berhasil tumbuh 4,95 persen.

Baca selengkapnya

Pengeluaran masyarakat untuk transportasi dan komunikasi memimpin pertumbuhan konsumsi rumah tangga, yakni sebesar 5,86 persen. Kemudian diikuti pengeluaran untuk restoran dan hotel sebesar 5,52 persen, lalu kesehatan dan pendidikan tumbuh 5,38 persen. Ketiga pengeluaran tersebut di atas pertumbuhan ekonomi triwulan III sebesar 5,06 persen. Sementara pengeluaran untuk pakaian, alas kaki dan jasa perawatannya mencatat pertumbuhan terendah, yaitu hanya 2 persen.

Pengeluaran rumah tangga triwulan III 2017 yang mencatat pertumbuhan terbesar adalah konsumsi transportasi dan komunikasi, yakni mencapai 0,52 poin, diikuti pengeluran lainnya 0,12 persen. Sementara pengeluaran RT yang mengalami penurunan terbesar adalah konsumsi untuk pakaian, alas kaki dan jasa perawatan sebesar 1,47 persen.

Tampilkan minimal

Laju Pertumbuhan Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (TW II dan TW III 2017)

 
  • Sumber

    Badan Pusat Statistik (BPS)

  • Rilis

    Badan Pusat Statistik (BPS) 2017

  • Informasi lain

    -

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya