Berapa PDRB Kabupaten yang di Pimpin Rita Widyasari?

Ekonomi & Makro
27/09/2017 14:11 WIB
PDRB Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Timur 2016
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Komisi Pemberantasan Korupsi telah menetapkan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari menjadi tersangka kasus korupsi gratifikasi. Rita yang merupakan Ketua Dewan Pimpinan Pusat Golkar Kalimantan Timur (Kaltim) adalah anak dari terpidana kasus korupsi Syaukani Hasan Rais (almarhum). Sebagai informasi, Syaukani merupakan tersangka kasus korupsi pembebasan lahan Bandara Loa Kulu.

Kukar merupakan kabupaten di Kaltim dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terbesar. Nilainya mencapai Rp 117,46 triliun atau 26,7 persen dari total PDRB Kalimantan Timur. Di urutan kedua, Kutai Timur dengan PDRB sebesar Rp 83,8 triliun atau 19,1 persen. Sementara Samarinda yang merupakan Ibu Kota Provinsi Kaltim PDRB-nya hanya Rp 39,18 triliun atau sekitar 9 persen.

Banyaknya perusahaan tambang yang beroperasi di Kukar menjadi penopang perekonomian kabupaten dengan Ibu Kota Tenggarong tersebut. Namun, jatuhnya harga minyak dan komoditas tambang lainnya membuat ekonomi pemerintah daerah yang memiliki luas wilayah 23.602 km persegi tersebut mengalami kontraksi sejak 2014-2016.

Data Populer
Lihat Semua