Satelit Telkom 1 Hilang, 8800 ATM offline

Keuangan
28/08/2017 13:27 WIB
Jumlah ATM 4 Bank Besar yang Offline Akibat Gangguan Satelit Telkom 1
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Bank Indonesia memastikan sistem pembayaran perbankan aman meskipun ribuan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tidak dapat beroperasi (offline) lantaran terjadinya gangguan pada Satelit Telkom 1 sejak Jumat (25/8). Perbankan dan PT Telekomunikasi Indonesia telah mengalihkan ke koneksi satelit Telkom 3S atau satelit lainnya.

Menurut data yang diperoleh Katadata, sebanyak 8.800 ATM empat bank terbesar mengalami gangguan jaringan. Sebanyak 5.000 ATM Bank BCA offline akibat terganggunya jaringan koneksi satelit tersebut. Diikuiti 2.000 ATM Bank Mandiri, 1.500 Bank BNI, serta 300 ATM Bank BRI tidak dapat beroperasi. ATM Bank BRI paling sedikit mengalami gangguan karena bank milik pemerintah tersebut sudah memiliki satelit sendiri, yaitu satelit BRIsat. 

PT Telkom menyatakan telah terjadi pergeseran pointing antena sehingga satelit Telkom 1 yang telah berusia 18 tahun mengalami gangguan tranponder sejak Jumat (25/8). Satelit yang dibuat oleh Lockheed Martin ini memang telah berusia uzur dan telah diiluncurkan sejak 12 Agustus 1999 dari Guyana Prancis.

Editor :
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.