Indeks Pembangunan Manusia Indonesia Terus Membaik

Demografi
16/08/2017 11:43 WIB
Indeks Pembangunan Manusia 2010-2016
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Rabu (16/8) membacakan pidatonya di depan Sidang Tahunan Majelis Pemusyawaratan Rakyat Republik Indonesia tahun 2017. Dalam pidatonya, di usia Indonesia yang telah mencapai 72 tahun, belum semua rakyat Indonesia merasakan buah kemerdekaan. Presiden mengakui bahwa pembangunan yang dilaksanakan pemerintah belum sepenuhnya merata di seluruh pelosok tanah air, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia belum sepenuhnya dapat diwujudkan.

Pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pembangunan infrastruktur dilakukan di seluruh Nusantara untuk meningkatkan hidup rakyat Indonesia. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia terus menunjukkan kenaikan ke level 70,18 pada 2016 dari 68,9 pada 2014. Membaiknya IPM tersebut tidak terlepas dari diberikannya layanan Kartu Indonesia Sehat maupun Kartu Indonesia Pintar.

Dalam pidatonya, Jokowi juga mengungkapkan agar hasil pembangunan dapat dirasakan masyarakat diseluruh pelosok Indonesia. Rakyat Aceh dapat merasakan pelayanan pendidikan dan kesehatan sama seperti rakyat di wilayah lainnya. Rakyat Papua yang tinggal di daerah pegunungan juga bisa menikmati harga bahan bakar minyak dan harga bahan pokok yang sama dengan saudaranya di wilayah lainnya.

Data Populer
Lihat Semua