2017, Masyarakat Maluku Utara Paling Bahagia

Demografi
15/08/2017 16:11 WIB
Indeks Kebahagian Menurut Provinsi 2017
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Masyarakat Maluku Utara merupakan yang paling bahagia pada 2017. Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik, Indeks Kebahagiaan masyarakat Maluku Utara berada di level 75,68 dari skala 0-100. Capaian ini merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan provinsi lainnya. Sebanyak 24 provinsi Indeks Kebahagiannya di atas capaian nasional dan sisanya di bawah. Semakin tinggi nilai Indeks Kebahagiaan mengindikasikan bahwa masyarakat semakin bahagia, dan sebaliknya jika semakin rendah maka semakin tidak bahagia.

Indeks Kebagiaan Indonesia 2017 merupakan indeks komposit yang disusun dari tiga dimensi, yakni Kepuasan Hidup (Life Safisfaction), Perasaan (Affect), dan Makna Hidup (Eudaimonia). Adapun kontribusi ketiga dimensi tersebut terhadap indeks kebahagiaan adalah Kepuasan Hidup 34,8 persen, Perasaan 31,18 persen, dan Makna Hidup sebesar 34,02 persen.

Secara nasional, berdasarkan wilayah, masyarakat perkotaan lebih bahagia, sementara berdasarkan jenis kelamin, penduduk laki-laki lebih bahagia dari perempuan. Adapun berdasarkan status perkawinan, masyarakat yang belum menikah lebih bahagia dibandingkan dengan yang sudah menikah atau cerai.

Data Populer
Lihat Semua