Semester I, Indonesia Tetap Memimpin Penjualan Mobil di ASEAN

Penjualan Mobil di ASEAN (SMT I 2016-SMT I 2017)

Sumber : Asean Automotive Federation (AAF), 2017

Disalin..

10/8/2017, 13.00 WIB

Pameran mobil selalu menyedot perhatian konsumen di tanah air. Selain untuk membeli mobil baru, masyarakat juga dapat melihat model maupun perkembangan teknologi otomotif terkini. Mulai 10-20 Agustus 2017, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD Serpong, berlansung pameran mobil Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Dengan adanya pameran ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan mobil di pasar domestik yang tengah mengalami stagnasi.

Sebagai informasi, Indonesia tetap memimpin penjualan otomotif di kawasan Asia Tenggara pada semester I 2017. Data ASEAN Federation Automotive menunjukkan bahwa penjualan mobil Indonesia periode Januari-Juni tahun ini mencapai 533.570 unit, yang berarti hanya naik tipis 0,3 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Penjualan di tanah air juga terbesar dibanding dengan negara ASEAN lainnya, yakni mencapai 33 persen dari total 1,61 juta unit.

Penjualan mobil di negara-negara ASEAN semuanya mengalami kenaikan kecuali Brunei Darussalam yang mengalami penurunan hampir 5 persen. Adapun penjualan mobil di Thailand dan Filipina masih tumbuh di atas dua digit, masing-masing 25,4 persen menjadi 410 ribu unit dan 17,1 persen menjadi 284 ribu unit.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.