SMRC: Dukungan Masyarakat Terhadap PDIP dan Gerindra Tertinggi

Politik
10/06/2017 10:09 WIB
Persentase Dukungan Massa Terhadap Partai Politik pada Survei SMRC
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Peta dukungan masyarakat terhadap partai politik sebelum dan sesudah Pilkada DKI Jakarta periode Januari-Mei 2017 tidak banyak berubah. Dukungan teratas diperoleh PDIP dan Gerindra masing-masing sebesar 21,7 persen dan 9,3 persen. Menurut survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC), dukungan terhadap kedua partai ini mengalami kenaikan sekitar 4,7 persen dalam periode tersebut.

Sejak Pemilu 2014, dukungan spontan pemilih terhadap PDIP rata-rata stabil, dan dalam jangka menengah diperkirakan dapat mempertahankan dan bahkan menaikkan posisinya secara elektoral lewat sikap spontan pemilih. Kuatnya dukungan partai politik dalam Pemilu sebelum-sebelumnya karena adanya tokoh nasional. Seperti perolehan suara PDIP pada 1999 karena adanya tokoh Megawati, perolehan suara Partai Demokrat pada 2004 dan 2009 karena adanya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kemudian PDIP pada 2014 karena adanya tokoh Joko Widodo. Pada 2019, ketokohan Jokowi sebagai calon presiden petahana masih akan mempengaruhi sikap pemilih terhadap PDIP.

SMRC dalam surveinya melakukan wawancara terhadap 1.500 responden di 34 provinsi yang dipilih secara random (multistage random sampling). Namun, yang dapat diwawancarai secara valid hanya 1.350 (90 persen). Adapun margin off error rata-rata dari survei ini kurang/lebih 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Data Populer
Lihat Semua