Berapa Pertumbuhan Ekonomi Palangka Raya?

Ekonomi & Makro
11/04/2017 12:33 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah 2015
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Ekonomi Palangka Raya pada 2015 tumbuh sebesar 7,18 persen dari tahun sebelumnya, yang berarti di urutan ke lima dari 14 kota/kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah. Namun ekonomi Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini masih di atas pertumbuhan ekonomi regional yang hanya mencapai 7,01 persen dan juga lebih tinggi pertumbuhan ekonomi nasional, yaitu sebesar 4,88 persen.

Pemerintah saat ini sedang melakukan kajian pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke luar Pulau Jawa yan ditargekan bakal rampung tahun ini. Palangka Raya menjadi salah satu kandidat menjadi Ibu Kota Negara yang saat ini masih berada di DKI Jakarta. Salah satu alasan memilih Pulau Kalimantan adalah tidak rawan gempa.

Dari data Badan Pusat Statistik, pertumbuhan ekonomi di 14 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Tengah cukup tinggi dan di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional. Pada 2016, Produk Domestik Bruto Kalimantan Tengah tumbuh 6,37 persen sementara pertumbuhan ekonomi nasional hanya 5,02 persen.  Pada 2017, ekonomi Kalimantan Timur ditargetkan sebesar 7,5 persen sementara pertumbuhan nasional ditargetkan hanya 5,1 persen.

Data Populer
Lihat Semua