Siapa Lembaga Paling Korup di Indonesia?

9 Maret 2017

Dewan Perwakilan Daerah (DPR) dinilai menjadi lembaga paling korup di Indonesia. Survei Global Corruption Barometer (GCB) 2017 yang disusun Transparency International Indonesia (TII) menunjukkan bahwa 54 persen responden menilai lembaga yang mewakili rakyat itu sebagai institusi terkorup. Disusul oleh birokrasi pemerintah dan DPRD. Sementara kepolisian yang sempat menduduki peringkat teratas pada survei serupa pada 2013, kini menempati urutan terkorup keempat. 

Baca selengkapnya

Kepala Departemen Riset TII Wawan Suyatmiko menyatakan ada dua hal yang menyebabkan badan legislatif dianggap paling korup. Pertama, banyaknya kasus korupsi yang melibatkan anggota legislatif, baik di daerah maupun pusat. Kedua, kinerja DPR kurang maksimal baik ketika menjalankan fungsi utamanya maupun dalam memberantas korupsi internal.

Survei GCB mengukur persepsi masyarakat terhadap kinerja pemberantas korupsi di Asia Pasifik. Di Indonesia survei GCB dilakukan terhadap 1.000 responden berusia 18 - 55 tahun yang tersebar di 31 provinsi, dengan tingkat kesalahan +/- 3,1 persen. Penelitian menggunakan metode wawancara langsung maupun melalui telepon mulai 26 April - 27 Juni 2016.

Tampilkan minimal

Survei Persepsi Lembaga Paling Korup oleh Tranparency International pada 2017

 
  • Sumber

    Transparency International Indonesia (TII)

  • Rilis

    Transparency International Indonesia (TII) 2017

  • Informasi lain

    Transparency International Indonesia (TII)

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya