Siapa Lembaga Paling Korup di Indonesia?

Ekonomi & Makro
09/03/2017 13:46 WIB
Survei Persepsi Lembaga Paling Korup oleh Tranparency International pada 2017
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dewan Perwakilan Daerah (DPR) dinilai menjadi lembaga paling korup di Indonesia. Survei Global Corruption Barometer (GCB) 2017 yang disusun Transparency International Indonesia (TII) menunjukkan bahwa 54 persen responden menilai lembaga yang mewakili rakyat itu sebagai institusi terkorup. Disusul oleh birokrasi pemerintah dan DPRD. Sementara kepolisian yang sempat menduduki peringkat teratas pada survei serupa pada 2013, kini menempati urutan terkorup keempat. 

Kepala Departemen Riset TII Wawan Suyatmiko menyatakan ada dua hal yang menyebabkan badan legislatif dianggap paling korup. Pertama, banyaknya kasus korupsi yang melibatkan anggota legislatif, baik di daerah maupun pusat. Kedua, kinerja DPR kurang maksimal baik ketika menjalankan fungsi utamanya maupun dalam memberantas korupsi internal.

Survei GCB mengukur persepsi masyarakat terhadap kinerja pemberantas korupsi di Asia Pasifik. Di Indonesia survei GCB dilakukan terhadap 1.000 responden berusia 18 - 55 tahun yang tersebar di 31 provinsi, dengan tingkat kesalahan +/- 3,1 persen. Penelitian menggunakan metode wawancara langsung maupun melalui telepon mulai 26 April - 27 Juni 2016.

Data Populer
Lihat Semua