PT Sol Media Indonesia Pengguna Satelit Asing Terbanyak

Utilitas
13/02/2017 12:41 WIB
Pengguna Satelit Asing Terbanyak pada Semester I 2016
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

PT Sol Media Indonesia merupakan pengguna satelit asing terbanyak di Indonesia. Data statistik Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika pada semester I-2016 menunjukkan bahwa PT Sol Media Indonesia menggunakan 8 slot satelit asing. Di urutan kedua, PT Sentra Multi Telemedia sebanyak 8 satelit dan ketiga PT Batu Sangkar Multimedia  5 Satelit.

Berdasarkan data Postel.go.id, PT Sol Media Indonesia menggunakan empat satelit dari Cina, yakni Asiasat-4, Asiasat-5, Chinasat-11, dan  Chinasat-10. Kemudian dua satelit dari Malaysia, yaitu Measat-3B dan Measat-3A. Lalu satu satelit Jepang dengan nama JCSAT-3A dan satu satelit Tonga dengan nama APSTAR-6.

PT Telekomunikasi Indonesia pada 15 Februari 2017 akan meluncurkan Satelit Telkom 3S dengan jumlah transponder 49. Dengan peluncuran satelit ini diharapkan dapat menambah pasokan transponder satelit yang dimiliki Indonesia. Meningkatnya kebutuhan transponder untuk kebutuhan komunikasi dan penyiaran membuat lebih dari 30 satelit asing berlabuh di Indonesia. Pemerintah Indonesia juga berencana untuk membangun satelit multifungsi dengan nilai sekitar US$ 400 juta atau sekitar Rp 5,3 triliun.

Data Populer
Lihat Semua